Sabtu, 27 Oktober 2018

Pemetaan Kompetensi Dasar pada Buku Siswa Kelas IV Semester 1 dan 2 TP 2018/2019


Pemetaan Kompetensi Dasar pada Buku Siswa
Kelas IV Semester 1 dan 2
TP 2018/2019

No
Pelajaran
Sub Pelajaran
Kompetensi Dasar
Jml Minggu/ JP
RPP ke ...
I.
Semester Ganjil
1.
Mari Belajar Q.S. Al-Falaq
A.    Membaca Q.S. Al-Falaq
1.1      Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2.1      Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
3.1            Memahami Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.1      Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan tartil.
4.1.2      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar.
4.1.3      Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan lancar.
X4 JP
1
B.     Menghafal Q.S. Al-Falaq
C.     Menulis Q.S. Al-Falaq

2.
Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya
A.    Beriman Kepada Allah SWT
1.3      Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Melihat, Maha Adil dan Maha Agung.
2.3      Menunjukkan sikap hati-hati, hormat dan kerjasama sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
3.3    Memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
4.3     Membaca al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
1X4 JP
2
B.     Beriman Kepada Rasul Allah
1.5      Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
2.5      Menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para Rasul Allah Swt. yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
3.5    Memahami makna iman kepada Rasul Allah.
4.5    Mencontohkan makna iman kepada Rasul Allah.
2X4 JP
3

3.
Aku Anak Shaleh
A.    Jujur Disayang oleh Allah SWT
1.9      Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman.
2.9      Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
3.9    Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
4.9    Mencontohkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
1X4 JP

B.     Amanah
1.10    Meyakini bahwa perilaku amanah sebagai cerminan dari iman.
2.10    Menunjukkan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
3.10  Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
4.10  Mencontohkan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
X4 JP

C.     Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
1.11    Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtuadan guru sebagai cerminan dari iman.
2.11    Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtuadan guru.
3.11  Memahami makna perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru.
4.11  Mencontohkanperilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
X4 JP

D.    Santun dan Menghargai Teman
1.6      Meyakini bahwa sikap santun dan menghargai teman sebagai cerminan dari iman.
2.6      Menunjukkan sikap santun dan menghargai teman.
3.6    Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
4.6    Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
X4 JP


4.
Bersih Itu Sehat
A.    Mengenal Arti Bersih dan Sehat
1.14    Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil.
2.14    Menunjukkan perilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil.
3.14  Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil  sesuai ketentuan syari’at Islam.
4.14  Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam.
X4 JP

B.     Aku Senang Berwudhuk
C.     Ayo Belajar Tayamum

5.
Aku Cinta Nabi dan Rasul
A.    Kisah Teladan Nabi Ayyub AS
1.16     Meyakini kebenaran kisah Nabi Ayyub a.s.
2.16     Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ayyub 
3.16   Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub
4.16   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub

X4 JP

B.     Kisah Teladan Nabi Musa AS
1.19    Meyakini kebenaran kisah Nabi Musa a.s.
2.19    Menunjukkan sikap berani dan sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Musa
3.19  Memahami kisah keteladanan Nabi Musa
4.19  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa
X4 JP

C.     Kisah Teladan Nabi Harun AS
1.18    Meyakini kebenaran kisah Nabi Harun a.s.
2.18    Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun
3.18  Memahami kisah keteladanan Nabi Harun
4.18  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun
X4 JP

D.    Kisah Teladan Nabi Zulkifli AS
1.17    Meyakini kebenaran kisah Nabi Zulkifli a.s.
2.17    Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Zulkifli
3.17  Memahami kisah keteladanan Nabi Zulkifli
4.17  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zulkifli
X4 JP


Jumlah Minggu efektif Mata Pelajaran =
Jumlah Tanggal efektif Mata Pelajaran=
Jumlah =
 Minggu

II.
Semester Genap
6.
Mari Belajar Q.S. Al-Fil
A.    Membaca Q.S. Al-Fil
1.1    Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
3.1   Memahami Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.1 Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan tartil.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar.
4.1.3 Menunjukkan hafalan   Q.S. al-Falaq dan Q.S. al- Fil dengan lancar.
X4 JP


B.     Menghafal Q.S. Al-Fil
C.     Menulis Q.S. Al-Fil

7.
Beriman Kepada Malaikat Allah SWT
A.    Makna Beriman Kepada Malaikat Allah SWT
1.4    Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4    Menunjukkan sikap patuh sebagai implementasi dari pemahaman makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
3.4   Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4.4   Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
X4 JP


B.     Mengenal Malaikat-malaikat Allah dan Tugas-tugasnya
C.     Menerima Keberadaan Malaikat Allah
D.    Perilaku yang Mencerminkan Keimanan Kepada Malaikat Allah


8.
Mari Berperilaku Terpuji
A.    Gemar Membaca
1.12    Meyakini bahwa perilaku gemar membaca sebagai cerminan dari iman.
2.12    Menunjukkan sikap gemar membaca.
3.12  Memahami manfaat gemar membaca.
4.12  Menunjukkan perilaku gemar membaca.
X4 JP


B.     Pantang menyerah
1.13    Meyakini bahwa sikap pantang menyerah sebagai cerminan dari iman
2.13    Menunjukkan sikap pantang menyerah.
3.13  Memahami makna sikap pantang menyerah.
4.13  Menunjukkan sikap pantang menyerah.
X4 JP


C.     Rendah Hati
1.7      Meyakini bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman.
2.7      Menunjukkan sikap rendah hati.
3.7    Memahami sikap rendah hati.
4.7    Mencontohkan sikap rendah hati.
X4 JP


D.    Hemat
1.8      Meyakini bahwa perilaku hemat sebagai cerminan dari iman.
2.8      Menunjukkan perilaku hemat.
3.8    Memahami perilaku hemat.
4.8    Mencontohkan perilaku hemat.
X4 JP



9.
Mari Melaksana-kan Shalat
A.    Keutamaan Shalat
1.15    Menjalankan salat 
           dengan tertib.
2.15    Menunjukkan sikap
           disiplin sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah salat
3.15     Memahami makna ibadah salat.
4.15.1  Menunjukkan contoh makna ibadah salat.
4.15.2  Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
X4 JP


B.     Makna Bacaan Shalat
C.     Perilaku yang Mencerminkan Pemahaman Ibadah Shalat
D.    Pengalaman Shalat di Rumah dan di Mesjid

10.
Kisah Keteladanan Wali Songo
A.    Siapakah Wali Allah itu?
1.21    Meyakini keimanan Wali Songo kepada Allah Swt.
2.21    Menunjukkan perilaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Wali Songo

3.21  Memahami kisah keteladanan Wali Songo.
4.21  Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo.
X4 JP


B.     Kisah Teladan Wali Songo


Jumlah Minggu efektif Mata Pelajaran =
Jumlah Tanggal efektif Mata Pelajaran =
Jumlah=
 Minggu
Total I dan II =     Minggu









Catatan:
1.    Jadwal  hari          4 JP dalam satu pertemuan.
2.    Jumlah   Minggu   efektif  = alokasi waktu.
3.    Jumlah  tanggal  efektif     = jumlah pertemuan.


    Mengetahui,
Kepala UPT SDIT CAHAYA MADANI






Lubuk Sikaping,    09  Juli 2018
Guru  PAI










Tidak ada komentar:

Posting Komentar