Pemetaan Kompetensi Dasar pada Buku
Siswa
Kelas IV Semester 1 dan 2
TP 2018/2019
No
|
Pelajaran
|
Sub Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Jml Minggu/ JP
|
RPP ke ...
|
|||
I.
|
Semester
Ganjil
|
|||||||
1.
|
Mari
Belajar Q.S. Al-Falaq
|
A.
Membaca Q.S.
Al-Falaq
|
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli
sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
3.1
Memahami Q.S.
al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.1
Membaca Q.S.
al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan tartil.
4.1.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar.
4.1.3
Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan lancar.
|
X4 JP
|
1
|
|||
B.
Menghafal Q.S.
Al-Falaq
|
||||||||
C.
Menulis Q.S.
Al-Falaq
|
||||||||
2.
|
Beriman
Kepada Allah dan Rasul-Nya
|
A.
Beriman Kepada
Allah SWT
|
1.3 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha
Melihat, Maha Adil dan Maha Agung.
2.3 Menunjukkan sikap hati-hati, hormat dan
kerjasama sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan
Al-‘Azim.
3.3
Memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan
Al-‘Azim.
4.3 Membaca
al-Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
|
1X4 JP
|
2
|
|||
B.
Beriman Kepada
Rasul Allah
|
1.5 Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
2.5 Menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh
keimanan kepada para Rasul Allah Swt. yang tercermin dari perilaku kehidupan
sehari-hari.
3.5
Memahami makna iman kepada Rasul Allah.
4.5 Mencontohkan
makna iman kepada Rasul Allah.
|
2X4 JP
|
3
|
|||||
3.
|
Aku
Anak Shaleh
|
A.
Jujur Disayang
oleh Allah SWT
|
1.9 Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai
cerminan dari iman.
2.9 Menunjukkan perilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari.
3.9
Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
4.9 Mencontohkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
1X4 JP
|
||||
B.
Amanah
|
1.10 Meyakini bahwa perilaku amanah sebagai
cerminan dari iman.
2.10 Menunjukkan perilaku amanah dalam
kehidupan sehari-hari.
3.10
Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
4.10 Mencontohkan
perilaku amanah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
X4 JP
|
||||||
C.
Hormat dan
Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
|
1.11 Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh
kepada orangtuadan guru sebagai cerminan dari iman.
2.11 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh
kepada orangtuadan guru.
3.11 Memahami makna perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru.
4.11 Mencontohkanperilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
|
X4 JP
|
||||||
D.
Santun dan
Menghargai Teman
|
1.6 Meyakini bahwa sikap santun dan
menghargai teman sebagai cerminan dari iman.
2.6 Menunjukkan sikap santun dan menghargai
teman.
3.6
Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah,
sekolah, dan di masyarakat sekitar.
4.6 Mencontohkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar.
|
X4 JP
|
||||||
4.
|
Bersih
Itu Sehat
|
A.
Mengenal Arti
Bersih dan Sehat
|
1.14 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam
bersuci dari hadas kecil.
2.14 Menunjukkan perilaku bersih sebagai
implementasi dari pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil.
3.14
Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam.
4.14 Mempraktikkan tata cara
bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam.
|
X4 JP
|
||||
B.
Aku Senang
Berwudhuk
|
||||||||
C.
Ayo Belajar
Tayamum
|
||||||||
5.
|
Aku
Cinta Nabi dan Rasul
|
A.
Kisah Teladan
Nabi Ayyub AS
|
1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ayyub a.s.
2.16 Menunjukkan sikap sabar sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ayyub
3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub
4.16 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Ayyub
|
X4 JP
|
||||
B.
Kisah Teladan
Nabi Musa AS
|
1.19 Meyakini kebenaran kisah Nabi Musa a.s.
2.19 Menunjukkan sikap berani dan sikap pantang
menyerah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Musa
3.19 Memahami kisah keteladanan Nabi Musa
4.19 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Musa
|
X4 JP
|
||||||
C.
Kisah Teladan
Nabi Harun AS
|
1.18 Meyakini kebenaran kisah Nabi Harun a.s.
2.18 Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun
3.18 Memahami kisah keteladanan Nabi Harun
4.18 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Harun
|
X4 JP
|
||||||
D.
Kisah Teladan
Nabi Zulkifli AS
|
1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Zulkifli
a.s.
2.17 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Zulkifli
3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Zulkifli
4.17 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Zulkifli
|
X4 JP
|
||||||
Jumlah
Minggu efektif Mata Pelajaran =
Jumlah
Tanggal efektif Mata Pelajaran=
|
Jumlah
=
Minggu
|
|||||||
II.
|
Semester
Genap
|
|||||||
6.
|
Mari
Belajar Q.S. Al-Fil
|
A.
Membaca Q.S.
Al-Fil
|
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli
sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
3.1
Memahami Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.1 Membaca Q.S.
al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan tartil.
4.1.2 Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq
dan Q.S. al-Fil dengan benar.
4.1.3 Menunjukkan
hafalan Q.S.
al-Falaq dan Q.S. al- Fil dengan lancar.
|
X4 JP
|
||||
B.
Menghafal Q.S.
Al-Fil
|
||||||||
C.
Menulis Q.S.
Al-Fil
|
||||||||
7.
|
Beriman Kepada Malaikat Allah SWT
|
A.
Makna Beriman
Kepada Malaikat Allah SWT
|
1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat
Allah Swt.
2.4 Menunjukkan sikap patuh sebagai
implementasi dari pemahaman makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
3.4
Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4.4 Melakukan
pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah.
|
X4 JP
|
||||
B.
Mengenal
Malaikat-malaikat Allah dan Tugas-tugasnya
|
||||||||
C.
Menerima
Keberadaan Malaikat Allah
|
||||||||
D.
Perilaku yang
Mencerminkan Keimanan Kepada Malaikat Allah
|
||||||||
8.
|
Mari Berperilaku Terpuji
|
A.
Gemar Membaca
|
1.12 Meyakini bahwa perilaku gemar membaca
sebagai cerminan dari iman.
2.12 Menunjukkan sikap gemar membaca.
3.12
Memahami manfaat gemar membaca.
4.12
Menunjukkan perilaku gemar membaca.
|
X4 JP
|
||||
B.
Pantang
menyerah
|
1.13 Meyakini bahwa sikap pantang menyerah
sebagai cerminan dari iman
2.13 Menunjukkan sikap pantang menyerah.
3.13
Memahami makna sikap pantang menyerah.
4.13 Menunjukkan sikap pantang
menyerah.
|
X4 JP
|
||||||
C.
Rendah Hati
|
1.7 Meyakini bahwa sikap rendah hati sebagai
cerminan dari iman.
2.7 Menunjukkan sikap rendah hati.
3.7
Memahami sikap rendah hati.
4.7 Mencontohkan
sikap rendah hati.
|
X4 JP
|
||||||
D.
Hemat
|
1.8 Meyakini bahwa perilaku hemat sebagai
cerminan dari iman.
2.8 Menunjukkan perilaku hemat.
3.8
Memahami perilaku
hemat.
4.8 Mencontohkan
perilaku hemat.
|
X4 JP
|
||||||
9.
|
Mari Melaksana-kan Shalat
|
A.
Keutamaan
Shalat
|
1.15 Menjalankan salat
dengan tertib.
2.15 Menunjukkan sikap
disiplin sebagai implementasi dari
pemahaman makna ibadah salat
3.15 Memahami makna ibadah salat.
4.15.1 Menunjukkan contoh makna
ibadah salat.
4.15.2 Menceritakan pengalaman
melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
|
X4 JP
|
||||
B.
Makna Bacaan
Shalat
|
||||||||
C.
Perilaku yang
Mencerminkan Pemahaman Ibadah Shalat
|
||||||||
D.
Pengalaman
Shalat di Rumah dan di Mesjid
|
||||||||
10.
|
Kisah Keteladanan Wali Songo
|
A.
Siapakah Wali
Allah itu?
|
1.21 Meyakini keimanan Wali Songo kepada Allah
Swt.
2.21 Menunjukkan perilaku peduli dan rendah
hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Wali Songo
3.21
Memahami kisah keteladanan
Wali Songo.
4.21 Menceritakan kisah keteladanan
Wali Songo.
|
X4 JP
|
||||
B.
Kisah Teladan
Wali Songo
|
||||||||
Jumlah
Minggu efektif Mata Pelajaran =
Jumlah
Tanggal efektif Mata Pelajaran =
|
Jumlah=
Minggu
|
|||||||
Total I dan II = Minggu
|
||||||||
Catatan:
1.
Jadwal hari 4 JP dalam satu pertemuan.
2.
Jumlah Minggu
efektif = alokasi waktu.
3.
Jumlah tanggal
efektif = jumlah pertemuan.
Mengetahui,
Kepala
UPT SDIT CAHAYA MADANI
|
Lubuk
Sikaping, 09 Juli 2018
Guru
PAI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar