SEBARAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
& BUDI PEKERTI
40.KOMPETENSIINTIDANKOMPETENSIDASARPENDIDIKANAGAMAISLAM
DAN BUDIPEKERTI SMA/MA/SMK/MAK
KELAS: X
Kompetensi
Sikap Spiritual, Kompetensi
Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi
Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI
INTI1 (SIKAP
SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI
INTI2 (SIKAP
SOSIAL)
|
SMTR
|
1. menghayati dan
mengamalkan ajaran
agama yangdianutnya
|
2. menunjukkan
perilaku
jujur, disiplin, bertanggung
jawab,peduli
(gotong
royong, kerjasama,toleran, damai),santun,responsif,dan pro- aktif sebagaibagiandari
solusi
atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secaraefektif dengan
lingkungan
sosial danalamserta menempatkan diri
sebagaicerminan
bangsadalampergaulan
dunia
|
|
KOMPETENSIDASAR
|
KOMPETENSIDASAR
|
|
1.1
terbiasamembacaal-Qur’andengan
meyakini bahwakontrol
diri (mujahadahan-nafs),prasangka baik (husnuzzan),dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
|
2.1 menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadahan-nafs),prasangka baik (husnuz-zan),dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasiperintahQ.S.al-
Hujurat/49:10dan 12sertaHadis
terkait
|
|
1.2
meyakini bahwapergaulan bebas
dan zinaadalah dilarang
agama
|
2.2 menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatanzina sebagai
pengamalanQ.S.
al-Isra’/17:32,
dan Q.S. an-Nur/24: 2,serta
Hadis terkait
|
|
1.3 meyakini bahwaAllahMaha Mulia,
Maha Mengamankan,Maha Memelihara,Maha Sempurna Kekuatan-Nya,MahaPenghimpun,
MahaAdil,dan
MahaAkhir
|
2.3 memiliki sikap
keluhuran
budi; kokoh
pendirian, pemberi rasa
aman,tawakal dan adil sebagai implementasi pemahamanal- Asmaual-Husna:Al-Karim,Al-
Mu’min,Al-Wakil,Al- Matin,Al-
Jami’,Al-‘Adl,danAl-Akhir
|
|
1.4 meyakini keberadaan
malaikat- malaikat
AllahSWT
|
2.4 menunjukkan sikap disiplin,jujur dan
bertanggungjawab,sebagai
implementasi
berimankepada malaikat-malaikat
Allah
Swt.
|
|
1.5 terbiasaberpakaian sesuai
dengan syariat Islam
|
2.5
menunjukkan perilaku berpakaian
sesuai dengan
syariatIslam
|
|
1.6 meyakini bahwajujuradalah ajaran
pokok agama
|
2.6
menunjukkan perilaku jujurdalam
kehidupan sehari-hari
|
|
1.7
meyakini bahwa menuntutilmu
adalah perintah Allah
dan Rasul- Nya
|
2.7 memiliki sikap
semangat keilmuan
sebagaiimplementasipemahaman Q.S.at-Taubah/9:122dan Hadis
terkait
|
|
1.8 meyakinial-Qur’an,Hadis dan
ijtihad
sebagai sumberhukum Islam
|
2.8 menunjukkan perilaku ikhlas dan
taat beribadah sebagai
implemantasi pemahaman
terhadap
kedudukan
al-Qur’an,
Hadis,dan
ijtihad
sebagai sumberhukum Islam
|
|
1.9
meyakini bahwahaji,zakat
dan wakafadalah perintahAllah dapat memberi kemaslahatan
bagi individu dan
masyarakat
|
2.9 menunjukkan kepedulian
sosial sebagaihikmah
dari perintahhaji, zakat,danwakaf
|
|
1.10 meyakinikebenaran
dakwahNabiMuhammadsaw.di
Makkah
|
2.10 bersikap tangguh dan
rela berkorban menegakkan kebenaran
sebagai
’ibrah dari sejarah
strategi dakwah Nabi
di Makkah
|
|
1.11 meyakinikebenaran
dakwah
NabiMuhammad saw.di Madinah
|
2.11 menunjukkan
sikap semangat
ukhuwahdan
kerukunan sebagai ibrah dari
sejarah
strategi
dakwah Nabi di Madinah
|
|
KOMPETENSI
INTI3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
|
SMTR
|
3.
memahami,menerapkan,dan
menganalisis
pengetahuan faktual,
konseptual,prosedural,dan metakognitifberdasarkan rasa
ingin tahunya
tentangilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan
peradaban
terkait penyebab
fenomenadan kejadian,serta
menerapkan
pengetahuan
prosedural
padabidang kajianyang spesifik sesuai
denganbakat
dan minatnyauntuk memecahkan
masalah
|
4. mengolah,menalar,dan menyaji dalamranah
konkretdan ranah abstrakterkait dengan
pengembangan dari
yang dipelajarinyadi
sekolah secara
mandiri,dan
mampu menggunakan
metoda sesuai kaidahkeilmuan
|
|
3.1
menganalisisQ.S.alHujurat/49:10 dan
12 sertaHadistentang
kontrol diri (mujahadahan-nafs), prasangkabaik (husnuzzan),dan
persaudaraan (ukhuwah)
|
4.1.1membacaQ.S.al-Hujurat/49:10 dan
12,sesuai dengankaidah
tajwiddanmakharijulhuruf
4.1.2mendemonstrasikanhafalanQ.S. al-Hujurat/49:10dan
12dengan fasihdan lancar
4.1.3menyajikanhubunganantara kualitas
keimanan
dengan kontrol diri (mujahadahan-nafs), prasangkabaik (husnuzzan),dan
persaudaraan (ukhuwah) sesuai
dengan pesanQ.S. al-Hujurat/49:
10dan 12,sertaHadis
terkait
|
1
|
3.2
menganalisisQ.S.
al-Isra’/17:32,
dan Q.S. an-Nur/24: 2,sertaHadis
tentang
larangan pergaulan
bebas dan perbuatan zina
|
4.2.1membacaQ.S. al-Isra’/17:32,dan
Q.S.an-Nur/24:2 sesuai dengan kaidah
tajwid danmakharijulhuruf
4.2.2mendemonstrasikanhafalanQ.S. al-Isra’/17:32,dan Q.S.an- Nur/24:2dengan
fasihdan lancar
4.2.3menyajikan keterkaitan
antara larangan
berzina dengan
berbagai
kekejian
(fahisyah)
yang ditimbulkannyadan perangai
yang buruk (saa-asabila) sesuai
pesan
Q.S.al-Isra’/17:32
dan Q.S.an- Nur/24:2
|
2
|
3.3
menganalisis
maknaal-Asma’ual- Husna: al-Karim,al-Mu’min,al- Wakil,al-Matin,al-Jami’,al-‘Adl,
danal-Akhir
|
4.3 menyajikanhubunganmakna- maknaal-Asma’ual-Husna:al- Karim,al-Mu’min,al-Wakil,al-Matin,
al-Jami’,al-‘Adl,danal-Akhirdengan perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian,rasa aman, tawakal dan perilakuadil
|
1
|
3.4
menganalisismaknaberiman
kepadamalaikat-malaikat Allah
Swt.
|
4.4 menyajikanhubunganantara beriman kepadamalaikat-malaikat AllahSwt. dengan perilaku teliti, disiplin,dan waspada
|
2
|
3.5 menganalisisketentuanberpakaian
sesuai syariat Islam
|
4.5
menyajikankeutamaantatacara
berpakaian
sesuai syariat Islam
|
1
|
3.6 menganalisis
manfaat kejujuran
dalamkehidupan
sehari-hari
|
4.6
menyajikan kaitan
antaracontoh
perilaku jujurdalamkehidupan
sehari-hari
dengan keimanan
|
2
|
3.7 menganalisissemangatmenuntut ilmu,menerapkan,dan menyampaikannya kepadasesame
|
4.7 menyajikankaitan antara kewajiban
menuntut ilmu,dengan kewajiban
membela agamasesuai perintahQ.S.
at-Taubah/9:122
dan Hadis terkait
|
1
|
3.8
menganalisiskedudukanal-Qur’an,
Hadis,dan ijtihad sebagai
sumber
hukumIslam
|
4.8 mendeskripsikan macam-macamsumberhukumIslam
|
1
|
3.9
menganalisishikmahibadah haji,
zakat,dan wakafbagi
individu dan
masyarakat
|
4.9 menyimulasikan
ibadah haji,zakat,danwakaf
|
2
|
3.10 menganalisissubstansi,strategi,
dan penyebab keberhasilan dakwah
Nabi Muhammad saw.di Makkah
|
4.10 menyajikanketerkaitan
antara substansi dan
strategidengan
keberhasilan
dakwahNabi Muhammad
saw.di Makkah
|
1
|
3.11 menganalisissubstansi,strategi,
dan keberhasilandakwah Nabi
Muhammad saw.di Madinah
|
4.11 menyajikanketerkaitanantara
substansidanstrategidengan
keberhasilan
dakwahNabi Muhammad
saw.di Madinah
|
2
|
KELAS: XI
Kompetensi
Sikap Spiritual, Kompetensi
Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi
Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KELAS: XII
Kompetensi
Sikap Spiritual, Kompetensi
Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi
Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI
INTI1 (SIKAP
SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
|
SMTR
|
1. menghayatidan
mengamalkan ajaran
agama yangdianutnya
|
2. menunjukkan
perilaku
jujur, disiplin, bertanggung
jawab,peduli
(gotongroyong,kerjasama,toleran, damai),santun,responsif,dan pro- aktif sebagai bagian
dari
solusi
atas berbagaipermasalahan dalam
berinteraksi secaraefektif dengan
lingkungan
sosial danalamserta menempatkan diri
sebagai
cerminan bangsadalampergaulan
dunia
|
|
KOMPETENSIDASAR
|
KOMPETENSIDASAR
|
SMTR
|
1.1
terbiasamembacaal-Qur’an
sebagai pengamalan dengan
meyakini bahwa agama mengajarkan kepadaumatnya untuk
berpikirkritis
dan
bersikap demokratis
|
2.1 bersikap
kritis dan
demokratis sesuai
dengan pesan Q.S. Ali Imran/3:190-191dan159,serta
Hadisterkait
|
|
1.2
meyakini bahwa agamamewajibkan
umatnyauntuk beribadah dan
bersyukur kepadaAllah
serta berbuat
baik kepadasesama
manusia
|
2.2 berbuat
baik kepadasesama
manusia sesuai
dengan perintah
Q.S.Luqman/31:13-14 danQ.S.al- Baqarah/2:83,sertaHadis terkait
|
|
1.3
meyakini terjadinya hari
akhir
|
2.3 berperilaku jujur,bertanggung jawab,dan
adil sesuaidengan keimanan
kepadahariakhir
|
|
1.4
meyakini adanyaqadhadan
qadarAllah Swt.
|
2.4 bersikap
optimis, berikhtiar,dan
bertawakal sebagai
implementasi beriman kepadaqadhadan
qadar AllahSwt.
|
|
1.5
meyakini bahwa agamamewajibkan
umatnyauntuk bekerjakeras dan
bertanggung jawabdalam
kehidupan sehari-hari
|
2.5 berperilaku kerja keras dan
bertanggung jawabdalam
kehidupan sehari-hari
|
|
1.6
meyakini kebenaran
ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan
syariat
Islam
|
2.6 menunjukkan sikap bersatu dan
kebersamaan
dalamlingkungan
masyarakat sebagai
implementasi
ketentuan
pernikahandalamIslam
|
|
1.7
meyakini kebenaran
ketentuan
waris berdasarkan syariat
Islam
|
2.7 peduli kepadaorang lain
sebagai
cerminan pelaksanaanketentuan
waris dalamIslam
|
|
1.8
meyakini kebenaran
ketentuan
dakwah berdasarkansyariat
Islam dalammemajukan perkembangan
Islamdi Indonesia
|
2.8 bersikap
moderat dan
santun dalamberdakwah dan
mengembangkan
ajaran Islam
|
|
1.9
meyakini kebenaran
bahwadakwah dengan caradamai,Islamditerima
oleh
masyarakat di Indonesia
|
2.9 menjunjung
tinggi
kerukunan
dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
|
|
1.10 meyakini
bahwaislamadalah rahmatanlil-‘alamin yang
dapat memajukan peradaban
dunia
|
2.10 menjunjung tinggi nilai-nilai islam rahmatanlil-alaminsebagai pemicu
kemajuan peradaban
Islamdi masa mendatang
|
|
1.11 meyakini bahwakemunduranumat
Islamdi dunia, sebagai bukti penyimpangan
dari ajaran Islam
yang benar
|
2.11 mewaspadai
secarabijaksana
terhadap penyimpangan ajaran
Islamyang berkembang di masyarakat
|
|
KOMPETENSI
INTI3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
|
SMTR
|
1. memahami,menerapkan,
menganalisisdan mengevaluasi
pengetahuan
faktual,
konseptual,
prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni,
budaya,
dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan,dan peradabanterkait
penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
padabidang kajianyang spesifik sesuai
denganbakat
dan minatnyauntuk memecahkan
masalah
|
2. mengolah,menalar,menyaji,dan menciptadalamranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinyadi
sekolah secara
mandiri sertabertindak secara
efektifdan
kreatif,danmampu menggunakan metodasesuai dengan kaidah
keilmuan
|
|
KOMPETENSIDASAR
|
KOMPETENSIDASAR
|
SMTR
|
3.1
menganalisis
dan mengevaluasi
maknaQ.S.Ali
Imran/3:190-191,
danQ.S. Ali Imran/3:159,serta Hadis
tentang berpikirkritis
dan bersikap demokratis
|
4.1.1membaca Q.S.Ali Imran/3:190-191,danQ.S.
Ali
Imran/3:159,;
sesuai
dengan kaidahtajwid
dan makharijul-huruf
4.1.2Mendemonstrasikan hafalanQ.S.Ali
Imran/3:190-191,danQ.S. AliImran/3:159,
denganlancar
4.1.3Menyajikan keterkaitan
antara sikap kritis dengan
ciri orang-orang berakal(ulil
albab)
sesuai pesan Q.S. Ali
Imran/3:190-191
|
1
|
3.2
menganalisis
dan mengevaluasi
maknaQ.S.Luqman/31:13-14dan
Q.S.al-Baqarah/2:83,sertaHadis
tentang
kewajibanberibadah
dan bersyukur kepadaAllah
serta berbuat
baik kepadasesama
manusia
|
4.2.1membaca
Q.S.Luqman/31:
13-14
danQ.S. al-Baqarah/2:83sesuai
dengan kaidah
tajwid dan
makharijulhuruf
4.2.2mendemonstrasikanhafalanQ.S.
Luqman/31:13-14danQ.S.al- Baqarah/2:83denganlancar
4.2.3menyajikan
keterkaitan antara kewajiban
beribadah
dan
bersyukur kepadaAllah
dengan berbuat
baik terhadap
sesamamanusia sesuai pesanQ.S.Luqman/31:13-14dan Q.S.al-Baqarah/2:83
|
2
|
3.3
menganalisis
dan mengevaluasi
maknaiman kepada hari akhir
|
4.3 menyajikan kaitan
antaraberiman
kepadahari akhir dengan
perilaku
jujur, bertanggung jawab,dan
adil
|
1
|
3.4 menganalisis
dan mengevaluasi
maknaiman kepada qadhadan qadar
|
4.4 menyajikan kaitan
antaraberiman
kepadaqadhadan qadarAllahSwt.
dengan sikapoptimis,berikhtiar,
dan bertawakal
|
2
|
3.5
menganalisis
dan mengevaluasi
perilaku bekerja keras
dan bertanggung jawabdalam
kehidupan sehari-hariyang
berkembang
di masyarakat
|
4.5 mengaitkan
perilaku bekerja keras danbertanggungjawab
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
|
1
|
3.6 menganalisis
dan mengevaluasi
ketentuan
pernikahandalamIslam
|
4.6
menyajikan prinsip-prinsip pernikahan
dalamIslam
|
1
|
3.7
menganalisis
dan mengevaluasi
ketentuan
waris dalamIslam
|
4.7 mempraktikkan pelaksanaan
pembagian waris dalamIslam
|
2
|
3.8
menganalisis
dan mengevaluasi
strategi dakwah dan perkembangan Islamdi
Indonesia
|
4.8 menyajikan prinsip-prinsip strategi
dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
|
1
|
3.9 menganalisis
dan mengevaluasi
sejarah
perkembangan
Islamdi Indonesia
|
4.9 menyajikannilai-nilaiketeladanan tokoh-tokoh
dalam sejarah
perkembangan Islamdi
Indonesia
|
1
|
3.10 menganalisis
dan mengevaluasi
faktor-faktor kemajuan peradaban
Islamdi dunia
|
4.10 menyajikan
faktor-faktor penentu
kemajuan peradaban
Islamdi dunia
|
2
|
3.11 menganalisis
dan mengevaluasi
faktor-faktor kemunduran peradaban Islamdi dunia
|
4.11 menyajikan
faktor-faktor penyebab
kemunduran
peradaban
Islamdi dunia
|
2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar