Selasa, 23 Juli 2019

SEBARAN KI KD PAI SMA KELAS X XI DAN XII KURIKULUM 2013 TERBARU


SEBARAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  & BUDI PEKERTI

40.KOMPETENSIINTIDANKOMPETENSIDASARPENDIDIKANAGAMAISLAM DAN BUDIPEKERTI SMA/MA/SMK/MAK


KELAS: X

Kompetensi  Sikap  Spiritual,  Kompetensi  Sikap  Sosial,  Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
SMTR

1.  menghayati dan mengamalkan ajaran agama yangdianutnya
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab,peduli (gotong royong, kerjasama,toleran, damai),santun,responsif,dan pro- aktif sebagaibagiandari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial danalamserta menempatkan diri sebagaicerminan bangsadalampergaulan dunia


KOMPETENSIDASAR

KOMPETENSIDASAR

1.1   terbiasamembacaal-Qurandengan meyakini bahwakontrol diri (mujahadahan-nafs),prasangka baik (husnuzzan),dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1   menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadahan-nafs),prasangka baik (husnuz-zan),dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasiperintahQ.S.al- Hujurat/49:10dan 12sertaHadis terkait

1.2   meyakini bahwapergaulan bebas dan zinaadalah dilarang agama
2.2   menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatanzina sebagai pengamalanQ.S. al-Isra/17:32, dan Q.S. an-Nur/24:  2,serta Hadis terkait

1.3   meyakini bahwaAllahMaha Mulia, Maha Mengamankan,Maha Memelihara,Maha Sempurna Kekuatan-Nya,MahaPenghimpun, MahaAdil,dan MahaAkhir
2.3   memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman,tawakal dan adil sebagai implementasi pemahamanal- Asmaual-Husna:Al-Karim,Al- Mu’min,Al-Wakil,Al- Matin,Al- Jami’,Al-‘Adl,danAl-Akhir

1.4   meyakini keberadaan malaikat- malaikat AllahSWT
2.4   menunjukkan sikap disiplin,jujur dan bertanggungjawab,sebagai implementasi berimankepada malaikat-malaikat Allah Swt.

1.5   terbiasaberpakaian sesuai dengan syariat Islam
2.5   menunjukkan perilaku berpakaian sesuai dengan syariatIslam

1.6   meyakini bahwajujuradalah ajaran pokok agama
2.6   menunjukkan perilaku jujurdalam kehidupan sehari-hari

1.7   meyakini bahwa menuntutilmu adalah perintah Allah dan Rasul- Nya
2.7   memiliki sikap semangat keilmuan sebagaiimplementasipemahaman Q.S.at-Taubah/9:122dan Hadis terkait


1.8   meyakinial-Quran,Hadis dan ijtihad sebagai sumberhukum Islam

2.8   menunjukkan perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai
implemantasi pemahaman terhadap
kedudukan al-Quran, Hadis,dan ijtihad sebagai sumberhukum Islam


1.9   meyakini bahwahaji,zakat dan wakafadalah perintahAllah dapat memberi kemaslahatan bagi individu dan masyarakat

2.9   menunjukkan kepedulian sosial sebagaihikmah dari perintahhaji, zakat,danwakaf


1.10 meyakinikebenaran dakwahNabiMuhammadsaw.di Makkah

2.10 bersikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah


1.11 meyakinikebenaran dakwah NabiMuhammad saw.di Madinah

2.11 menunjukkan sikap semangat ukhuwahdan kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Madinah


KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
SMTR

3.     memahami,menerapkan,dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural,dan metakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomenadan kejadian,serta menerapkan pengetahuan
prosedural padabidang kajianyang spesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah

4.     mengolah,menalar,dan menyaji dalamranah konkretdan ranah abstrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinyadi sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidahkeilmuan


3.1   menganalisisQ.S.alHujurat/49:10 dan 12 sertaHadistentang kontrol diri (mujahadahan-nafs), prasangkabaik (husnuzzan),dan persaudaraan (ukhuwah)

4.1.1membacaQ.S.al-Hujurat/49:10 dan 12,sesuai dengankaidah tajwiddanmakharijulhuruf

4.1.2mendemonstrasikanhafalanQ.S. al-Hujurat/49:10dan 12dengan fasihdan lancar

4.1.3menyajikanhubunganantara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadahan-nafs), prasangkabaik (husnuzzan),dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesanQ.S. al-Hujurat/49:
10dan 12,sertaHadis terkait
1

3.2   menganalisisQ.S. al-Isra/17:32, dan Q.S. an-Nur/24: 2,sertaHadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina

4.2.1membacaQ.S. al-Isra/17:32,dan Q.S.an-Nur/24:2 sesuai dengan kaidah tajwid danmakharijulhuruf

4.2.2mendemonstrasikanhafalanQ.S. al-Isra/17:32,dan Q.S.an- Nur/24:2dengan fasihdan lancar

4.2.3menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannyadan perangai yang buruk (saa-asabila) sesuai pesan Q.S.al-Isra/17:32 dan Q.S.an- Nur/24:2
2

3.3   menganalisis maknaal-Asmaual- Husna: al-Karim,al-Mumin,al- Wakil,al-Matin,al-Jami’,al-‘Adl, danal-Akhir
4.3   menyajikanhubunganmakna- maknaal-Asma’ual-Husna:al- Karim,al-Mumin,al-Wakil,al-Matin, al-Jami’,al-‘Adl,danal-Akhirdengan perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian,rasa aman, tawakal dan perilakuadil
1
3.4   menganalisismaknaberiman kepadamalaikat-malaikat Allah Swt.
4.4   menyajikanhubunganantara beriman kepadamalaikat-malaikat AllahSwt. dengan perilaku teliti, disiplin,dan waspada
2
3.5   menganalisisketentuanberpakaian sesuai syariat Islam
4.5   menyajikankeutamaantatacara berpakaian sesuai syariat Islam
1
3.6   menganalisis manfaat kejujuran dalamkehidupan sehari-hari
4.6   menyajikan kaitan antaracontoh perilaku jujurdalamkehidupan sehari-hari dengan keimanan
2
3.7   menganalisissemangatmenuntut ilmu,menerapkan,dan menyampaikannya kepadasesame
4.7   menyajikankaitan antara kewajiban menuntut ilmu,dengan kewajiban membela agamasesuai perintahQ.S. at-Taubah/9:122 dan Hadis terkait
1
3.8   menganalisiskedudukanal-Quran, Hadis,dan  ijtihad sebagai sumber hukumIslam
4.8   mendeskripsikan macam-macamsumberhukumIslam
1
3.9   menganalisishikmahibadah haji, zakat,dan wakafbagi individu dan masyarakat
4.9   menyimulasikan ibadah haji,zakat,danwakaf
2
3.10 menganalisissubstansi,strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah
4.10 menyajikanketerkaitan antara substansi dan strategidengan keberhasilan dakwahNabi Muhammad saw.di Makkah
1
3.11 menganalisissubstansi,strategi, dan keberhasilandakwah Nabi Muhammad saw.di Madinah
4.11 menyajikanketerkaitanantara substansidanstrategidengan keberhasilan dakwahNabi Muhammad saw.di Madinah
2













KELAS: XI

Kompetensi  Sikap  Spiritual,  Kompetensi  Sikap  Sosial,  Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
SMTR

1.      menghayati dan mengamalkan ajaran agamayang dianutnya

2.      menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab,peduli (gotong royong, kerjasama,toleran, damai),santun, responsif,dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial danalamserta menempatkan diri sebagaicerminan bangsadalampergaulan dunia


KOMPETENSIDASAR

KOMPETENSIDASAR
SMTR

1.1   terbiasamembacaal-Qurandengan meyakini bahwataat padaaturan, kompetisi dalam kebaikan,dan etos kerja sebagai perintahagama

2.1   bersikap taat aturan, tanggung jawab,kompetitifdalamkebaikan dan kerja keras sebagai implementa-si dari pemahaman Q.S.al Maidah/5: 48;Q.S.an- Nisa/4: 59;dan Q.S. at-Taubah/9:
105sertaHadis yang terkait


1.2   meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

2.2   bersikap toleran,rukun,dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahamanQ.S. Yunus/10:40-41 dan Q.S. al-Maidah/5:32,serta Hadis terkait

1.3   meyakini adanyakitab-kitab suciAllah Swt.
2.3   peduli kepadaorang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepadakitab-kitab Allah Swt.

1.4   meyakini adanyarasul-rasul AllahSwt.
2.4   menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepadarasul-rasul Allah Swt.

1.5   meyakini bahwa Islammengharus- kan umatnyauntuk memiliki sifat syajaah (berani membela kebenaran) dalammewujudkan kejujuran
2.5   menunjukkan sikap syajaah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran

1.6   meyakini bahwahormat dan patuh kepadaorangtuadanguru sebagai kewajiban agama
2.6   menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepadaorangtuadan guru sebagaiimplementasipemahaman Q.S.al-Isra/17:23dan Hadis terkait


1.7   menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai denganketentuan syariat Islam
2.7   menunjukkan sikap tanggung jawabdan kerjasamadalam penyelenggaraan jenazah di masyarakat


1.8   menerapkan ketentuan khutbah, tablig,dan dakwah dimasyarakat sesuai dengan syariatIslam

2.8   menjaga kebersamaandengan orang lain dengan saling
menasihati melalui khutbah,tablig, dan dakwah


1.9   menerapkan prinsipekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam

2.9   bekerjasamadalammenegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam


1.10 mengakui bahwanilai-nilai islam dapat mendorong kemajuan perkembangan Islampadamasa kejayaan

2.10 bersikap rukun dan kompetitif dalamkebaikan sebagai implementasi nilai-nilai perkembangan peradaban Islam padamasakejayaan


1.11 mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran islamdalam sejarah peradaban Islampada masa modern

2.11 bersikap rukun dan kompetitif dalamkebaikan sebagai implementasi nilai-nilai sejarah peradaban Islampadamasa modern
4.11.2menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam padamasa modern


KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
SMTR

3.     memahami,menerapkan, menganalisispengetahuan faktual, konseptual,prosedural berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya,dan humaniora denganwawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengeta-huan
prosedural padabidang kajianyang spesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah

4.     mengolah,menalar,dan menyaji dalamranah konkretdan ranah abstrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajari- nyadi sekolah secaramandiri,dan mampu menggunakanmetoda sesuai kaidah keilmuan


KOMPETENSIDASAR

KOMPETENSIDASAR
SMTR

3.1   menganalisis maknaQ.S.al- Maidah/5 :48; Q.S. an-Nisa/4:59, danQ.S. at-Taubah/9:105,serta Hadis tentang taat padaaturan, kompetisi dalam kebaikan,dan etos kerja

4.1.1membacaQ.S.al-Maidah/5 :48; Q.S.an-Nisa/4:59, danQ.S.at- Taubah/9 :105sesuaidengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf

4.1.2mendemonstrasikanhafalanQ.S. al-Maidah/5 :48; Q.S. an-Nisa/4:
59, danQ.S. at-Taubah/9: 105
dengan fasih danlancar

4.1.3menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisidalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesanQ.S. al-Maidah/5 :
48; Q.S. an-Nisa/4:59,danQ.S. at-Taubah/9 :105
1

3.2   menganalisis maknaQ.S.Yunus/10:40-41danQ.S.al-Maidah/5 :32,sertaHadis tentang toleransi, rukun,dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

4.2.1membacaQ.S. Yunus/10: 40-41 danQ.S. al-Maidah/5 :32sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.2mendemonstrasikanhafalanQ.S.Yunus/10:40-41danQ.S.al- Maidah/5 :32denganfasih dan lancar

4.2.3menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesanQ.S. Yunus/10:40-41dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesanQ.S. Al-Maidah/5:32
2

3.3   menganalisis maknaiman kepada kitab-kitab Allah Swt.

4.3   menyajikan keterkaitan antara beriman kepadakitab-kitab suci AllahSwt.,dengan perilaku sehari- hari
1

3.4   menganalisis maknaiman kepada rasul-rasulAllahSwt.

4.4   menyajikan kaitan antaraiman kepada rasul-rasulAllah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid,toleransi,ketaatan,dan kecintaan kepadaAllah
2

3.5   menganalisis maknasyajaah (berani membela kebenaran)dalam kehidupan sehari-hari

4.5   menyajikan kaitan antarasyaja’ah (berani membela kebenaran) dengan upayamewujudkan
kejujuran dalam kehidupan sehari- hari
1

3.6   menganalisis perilakuhormat dan patuh kepadaorangtuadan guru

4.6   menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtuadan guru sesuai dengan Q.S.al-Isra’/17:23dan Hadis terkait
2

3.7   menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah

4.7   menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah
1

3.8   menganalisis pelaksanaan khutbah,tablig,dan dakwah

4.8   menyajikan ketentuankhutbah, tablig,dan dakwah
2

3.9   menelaah prinsip-prinsip dan praktikekonomi dalamIslam

4.9   mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktikekonomi dalamIslam
1

3.10 menelaah perkembangan peradaban Islampadamasa kejayaan

4.10 menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam padamasakejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya
1

3.11 menelaah perkembangan Islam
padamasa modern (1800-sekarang)
4.11.1menyajikan prinsip-prinsip perkembangan peradaban Islam padamasa modern (1800-sekarang)
2












KELAS: XII

Kompetensi  Sikap  Spiritual,  Kompetensi  Sikap  Sosial,  Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
SMTR

1.      menghayatidan mengamalkan ajaran agama yangdianutnya

2.      menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab,peduli (gotongroyong,kerjasama,toleran, damai),santun,responsif,dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan dalam berinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial danalamserta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsadalampergaulan dunia


KOMPETENSIDASAR

KOMPETENSIDASAR
SMTR

1.1   terbiasamembacaal-Quran sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepadaumatnya untuk berpikirkritis dan bersikap demokratis

2.1   bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3:190-191dan159,serta Hadisterkait


1.2   meyakini bahwa agamamewajibkan umatnyauntuk beribadah dan bersyukur kepadaAllah serta berbuat baik kepadasesama manusia

2.2   berbuat baik kepadasesama manusia sesuai dengan perintah Q.S.Luqman/31:13-14 danQ.S.al- Baqarah/2:83,sertaHadis terkait


1.3   meyakini terjadinya hari akhir

2.3   berperilaku jujur,bertanggung jawab,dan adil sesuaidengan keimanan kepadahariakhir


1.4   meyakini adanyaqadhadan qadarAllah Swt.

2.4  bersikap optimis, berikhtiar,dan bertawakal sebagai implementasi beriman kepadaqadhadan qadar AllahSwt.


1.5   meyakini bahwa agamamewajibkan umatnyauntuk bekerjakeras dan bertanggung jawabdalam kehidupan sehari-hari

2.5   berperilaku kerja keras dan bertanggung jawabdalam kehidupan sehari-hari


1.6   meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam

2.6   menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalamlingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahandalamIslam


1.7   meyakini kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam

2.7   peduli kepadaorang lain sebagai cerminan pelaksanaanketentuan waris dalamIslam


1.8   meyakini kebenaran ketentuan dakwah berdasarkansyariat Islam dalammemajukan perkembangan Islamdi Indonesia

2.8   bersikap moderat dan santun dalamberdakwah dan mengembangkan ajaran Islam


1.9   meyakini kebenaran bahwadakwah dengan caradamai,Islamditerima oleh masyarakat di Indonesia

2.9   menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari


1.10 meyakini bahwaislamadalah rahmatanlil-alamin yang dapat memajukan peradaban dunia

2.10 menjunjung tinggi nilai-nilai islam rahmatanlil-alaminsebagai pemicu kemajuan peradaban Islamdi masa mendatang


1.11 meyakini bahwakemunduranumat Islamdi dunia, sebagai bukti penyimpangan dari ajaran Islam yang benar

2.11 mewaspadai secarabijaksana terhadap penyimpangan ajaran Islamyang berkembang di masyarakat


KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
SMTR

1.     memahami,menerapkan, menganalisisdan mengevaluasi pengetahuan faktual,   konseptual, prosedural,   dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradabanterkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural padabidang kajianyang spesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah

2.     mengolah,menalar,menyaji,dan menciptadalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinyadi sekolah secara mandiri sertabertindak secara
efektifdan kreatif,danmampu menggunakan metodasesuai dengan kaidah keilmuan


KOMPETENSIDASAR

KOMPETENSIDASAR
SMTR

3.1   menganalisis dan mengevaluasi maknaQ.S.Ali Imran/3:190-191, danQ.S. Ali Imran/3:159,serta Hadis tentang berpikirkritis dan bersikap demokratis

4.1.1membaca Q.S.Ali Imran/3:190-191,danQ.S. Ali Imran/3:159,; sesuai dengan kaidahtajwid dan makharijul-huruf

4.1.2Mendemonstrasikan hafalanQ.S.Ali Imran/3:190-191,danQ.S. AliImran/3:159, denganlancar

4.1.3Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal(ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3:190-191
1

3.2   menganalisis dan mengevaluasi maknaQ.S.Luqman/31:13-14dan Q.S.al-Baqarah/2:83,sertaHadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepadaAllah serta berbuat baik kepadasesama manusia

4.2.1membaca Q.S.Luqman/31: 13-14 danQ.S. al-Baqarah/2:83sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf

4.2.2mendemonstrasikanhafalanQ.S.
Luqman/31:13-14danQ.S.al- Baqarah/2:83denganlancar

4.2.3menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepadaAllah dengan berbuat baik terhadap sesamamanusia sesuai pesanQ.S.Luqman/31:13-14dan Q.S.al-Baqarah/2:83
2

3.3   menganalisis dan mengevaluasi maknaiman kepada hari akhir

4.3   menyajikan kaitan antaraberiman kepadahari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab,dan adil
1

3.4   menganalisis dan mengevaluasi maknaiman kepada qadhadan qadar

4.4   menyajikan kaitan antaraberiman kepadaqadhadan qadarAllahSwt. dengan sikapoptimis,berikhtiar, dan bertawakal
2

3.5   menganalisis dan mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggung jawabdalam kehidupan sehari-hariyang berkembang di masyarakat

4.5   mengaitkan perilaku bekerja keras danbertanggungjawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
1

3.6   menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahandalamIslam

4.6   menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalamIslam
1

3.7   menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalamIslam

4.7   mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalamIslam
2

3.8   menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islamdi Indonesia

4.8   menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
1

3.9   menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islamdi Indonesia

4.9   menyajikannilai-nilaiketeladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islamdi Indonesia
1

3.10 menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islamdi dunia

4.10 menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islamdi dunia
2

3.11 menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemunduran peradaban Islamdi dunia

4.11 menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islamdi dunia
2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar